Friday, March 22, 2019

Chasis Volvo B11R-430



Disebut sebagai pesaing di kelas chasis bus tronton, spesifikasi Chasis Volvo B11R-430 HP ini ternyata tidak kalah dengan kompetitor sebelumnya yaitu K410 untuk scania dan Mercedes Benz OC 500 RF 2542.

Sebenarnya Chasis Volvo B11R series sudah lebih dulu mengisi untuk segmen bus transjakarta misalnya B11R-370 yang digunakan sejak 2017, namun dalam ajang Busworld Southeast Asia 2019 PT Indotruck Utama Selaku distributor tunggal volvo di Indonesia secara resmi memperkenalkan varian chasis volvo B11R-430 HP.


Dalam ajang Busworld Southeast Asia 2019, chasis B11R-430HP ini menggendong body laksana Legacy Sr2 Double Decker, dan Adiputro Jetbus 3+ Ultra High Deck.

Dalam sejarah, Volvo juga sempat menghadirkan chasis dengan seri B7R, B12M, dan B8M yang digunakan sebagai bus AKAP, namun jika dilihat pada saat itu volvo belum mendominasi dan kurang populer dibandingkan kompetitornya. Alasannya karena suku cadang yang mahal sehingga banyak armada yang digaransikan.

Lantas kembalinya volvo dengan varian B11R-430 di ajang busworld ini apakah akan membawa angin segar didunia perbissan indonesia..? apalagi dengan spesifikasi chasis Volvo B11R-430 yang tidak kalah saing dengan lainnya.

Walaupun spesifikasi chasis volvo B11R-430 hampir sama dengan B11R-370 Hp, namun ada beberapa perbedaan diantara keduanya.



spesifikasi Chasis Volvo B11R 430 Hp adalah tenaga yang dihasilkan adalah 430 Horsepower, hal ini jauh lebih unggul dengan chasis tipe sama yang sebelumnya sudah beredar.

Dapur pacu dari volvo B11R-430 ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 11000 cc dengan konfigurasi 6 silinder in line yang mampu menghasilkan tenaga 430 hp @1800-1900 rpm dan torsi 2000Nm @1100-1200 rpm.

Chasis ini menggunakan standar emisi Euro 3 dengan transmisi otomatis berteknologi Volvo I-Shift dengan 12 Kecepatan.

Sistem pengereman pada chasis volvo B11R430 ni dibantu dengan teknologi Volvo Transmision Retarder dan Volvo Engine Break System atau VEBS. Bukan hanya itu, disitem pengereman pada chasis ini sudah menggunakan disc brake pada disetiap roda.

Tidak ketinggalan sistem suspensi yang digunakan pada chasis ini adalah Air Suspension dengan teknologi standar yaitu berupa Kneeling System.

Teknologi penunjang keselamatan pada chasis ini menggunakan EBS atau Electronic Braking System, Anti Lock Braking System atau ABS, dan Electronic Stability Program ESP.

Kemudian fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah Emergency Braking System (CWEB), Collision Warning, Adaptive Cruise Control (ACC), dan Lane Keeping Support System untuk meminimalisir risiko kesalahan pada manusia

Pada roda di axle ketiga chasis ini dapat digunakan sebagai pembantu dalam bermanuver, karena roda akan bergerak mengikuti gerak roda depan.

Sebenarnya spesifikasi asli Volvo B11R-430 HP ini adalah memiliki dimensi panjang 14 meter, namun karena regulasi pemerintah yang mengijinkan chasis bus dengan panjang maksimal 13,5 meter.

Melihat spesifikasi chasis volvo B11R-430 HP maka chasis ini memang cocok digunakan untuk bus AKAP tipe Super High Deck maupun Double Decker.

No comments:

Post a Comment